Visi, Misi & Tujuan

Visi:

“Visi
Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang unggul di tingkat regional dengan menciptakan lulusan yang cerdas dan berkarakter pada 2030.”

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang bahasa dan sastra Indonesia secara efektif dan inovatif, sehingga mampu menciptakan lulusan yang berkarakter, cerdas, dan memberikan manfaat di masyarakat.
    b. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta pengajarannya. Program studi mengorganisaikan penelitian secara berkelanjutan untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menjalin kerjasama dengan lembaga terkait untuk menunjang kompetensi profesionalisme, pedagogik, sosial, dan kepribadian yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di tingkat regional.
  3. Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga swadaya masyarakat dalam rangka memberdayakan masyarakat.
  4. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia sesuai dengan standar kualifikasi keilmuan dan bidang keahlian masing-masing.
  5. Mengembangkan tata kelola dan pengelolaan administrasi yang transparan dan bertanggungjawab.
  6. Mengembangkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dalam proses belajar mengajar yang kondusif.

Tujuan:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Peradaban memiliki tujuan sebagai berikut.

  1. Mewujudkan pendidikan dan pengajaran di bidang bahasa dan sastra Indonesia secara efektif dan inovatif berbasis ICT;
  2. Mewujudkan kegiatan akademik dan non akademik yang bermuatan islami;
  3. Mewujudkan penelitian dan pengabdian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta pengajarannya. Program studi mengorganisaikan penelitian secara berkelanjutan untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  4. Mewujudkan kerjasama dengan instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga swadaya masyarakat dalam rangka memberdayakan masyarakat;
  5. Mewujudkan peningkatan kompetensi sumber daya manusia sesuai dengan standar kualifikasi keilmuan dan bidang keahlian masing-masing;
  6. Mewujudkan kelompok studi mahasiswa untuk mengembangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
  7. Mewujudkan sarana berbasis teknologi yang mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran.